Cara Mengetahui Ciri Ciri Gangren Kering

Sumber gambar :detikhealthy.com

Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Gangren adalah berawal dari luka yang mengeluarkan banyak darah lalu dibiarkan terbuka dan terinfeksi bakteri . Memiliki banyak sekali penyebab gangren seperti karena aliran darah yang terhambat , darah juga berfungsi mengangkat racun didalam tubuh menumpuk di pembuluh arteri dan tida bisa mengalir ke seluruh tubuh dengan baik padahal jaringan jaringan tubuh membutuhkan oksigen , nutrisi dari darah sehingga jika tidak ada darah sel sel dan jaringan ditubuh akan mati dan akan berwarna merah , biru lalu akan keungu ungu an  sehingga menimbulkan gangren , timbulnya infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang sudah berkembang di dalam luka yang dibiarkan terbuka sehingga banyak bakteri dan menimbulkan infeksi dan luka , memang penyebab utama gangren berasal dari luka akibat dari cidera atau kecelakaan bahkan cidera yang dapat menimbulkan bakteri yang bisa menyerang jaringan kulit manusia dan membuat jaringan tersebut mati . Maka lebih baik jika kita mempunyai luka jangan dibiarkan terbuka dan cepat lakukan penanganan dan pengobatan secara tepat . Untuk orang penderita diabetes , luka yang tidak setengaja ini bisa menyebabkan menjadi gangren yang parah karena penderita diabetes kelebihan guladarah dan menyebabkan aliran darah menjadi terhambat . Gangren sendiri terbagi menjadi gangren kering , gangren basah , gangren gas dan gangren internal . Kali ini kita akan membahas ciri ciri pada gangren kering , Yap gangren kering adalah salah satu jenis gangren yang bertahap dalam terinfeksi bakteri awalnya akan kulit menjadi kering lalu kulit akan perlahan mengerut dan berwarna biru , coklat ataupun hitam . Biasanya gangren kering ini dialami oleh penderita penyakit arteri perifer . Dilansir di hellosehat  Ada beberapa ciri ciri yang akan timbul jika terkena gangrene kering , yaitu : 

  • Warna kulit yang berubah 

Bagian tubuh yang terkena gangren kering jika diangkat atau ditekan akan berubah warna menjadi putih pucat . Sedangkan ada beberapa kasus gangren kering yang menyerang bagian tubuh dibawah area jantung , hal ini menimbulkan bagian tubuh yang terkena tersebut akan menjadi kemerahan atau bahkan menggelap.

  • Ada luka pada kulit 

Luka yang tiba tiba muncul atau ulkus (luka pada kulit) juga perlu dicurigai karena bisa saja ciri dari gangren kering yang lukanya malah bisa membesar dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat sakit sekali . Berakibat fatal jika luka pada gangren sudah melebar dan membesar bisa karena gangren bisa menyebar keseluruh tubuh maka hanyak amputasi jalan satu satunya . waspadai juga , tepi luka tiba tiba berwarna kehitaman ini juga bisa menjadi pertanda bahwa jaringan yang terkena gangren akan meluas . 

  • Rasa nyeri

Adalah hal yang dirasakan oleh penderita gangren , karena rasa nyeri sendiri menjadi ciri ciri awal terkena gangren . Akibat darah yang terhambat dan kotoran yang mengendap dalam tubuh karena gangren tubuh kita akan kekurangan oksigen dan membuat tubuh kita terasa nyeri nyeri dan dan membuat bagian tubuh yang terkena gangren lama kelamaan menjadi mati rasa dan membuat jaringan kulitnya mati. 

Itulah tadi beberapa ciri ciri dari gangren kering . Untuk pengobatan gangren kana da 2 yaitu secara medis dan secara alami ,Untuk gangren kering sendiri pengobatan secara medis biasanya ada 3 cara yaitu dengan jalan operasi vascular , debridemen jaringan dan terapi ruang oksigen hiperbarik. 


Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>